Cara Menanam Dan Merawat Bunga Marigold Yang Harus Kamu Ketahui

Cara Bertumbuh dan Merawat Marigold
Cara Bertumbuh dan Merawat Marigold

Sebagai seorang anak, saya selalu membantu ibu saya merawat kebun, dan salah satu bunga yang selalu saya ingat tanam adalah marigold. Mereka adalah bunga tahunan oranye terang atau kuning yang sangat mudah tumbuh. Mereka sering ditanam di depan taman karena mereka cenderung sedikit di sisi pendek, yang berarti bahwa mereka juga dapat membuat perbatasan yang bagus untuk taman Anda. Dalam panduan ini, kita akan melihat beberapa varietas marigold yang berbeda dan membahas cara menanam dan merawat tanaman di kebun Anda dan juga di rumah Anda.

Zona Tumbuh dan Fakta

Marigold adalah tanaman yang sangat kuat yang dapat tumbuh di hampir semua lokasi. Bahkan, mereka akan tumbuh dengan mudah di zona dua hingga 11 dengan mekar yang mencerahkan kebun Anda di musim semi, musim panas, dan musim gugur tahun. Karena mereka adalah tanaman tahunan yang perlu ditanam lagi setiap tahun, mereka biasanya hanya tumbuh sekitar empat hingga enam inci, tetapi ada beberapa varietas tanaman ini yang dapat tumbuh hingga hampir tiga kali lipat ukuran ini. Berikut adalah beberapa fakta tentang marigold yang mungkin tidak Anda kenal:

  • Marigold adalah sumber nektar yang bagus, yang berarti akan menarik kupu – kupu dan lebah madu ke kebun Anda.
  • Tanaman ini mengeluarkan bau menyengat yang sebenarnya akan mengusir lebah dari area taman Anda. Tentu saja, ini tidak termasuk penyerbuk, tetapi lebah dan jaket kuning akan menuju ke arah lain.
  • Marigold adalah pembasmi alami yang dapat Anda gunakan untuk menyingkirkan hama di kebun Anda sehingga hasilnya dapat berkembang. Ini juga akan membuat kelinci dan hewan kecil lainnya tidak memakan daun tanaman Anda.
  • Di daerah tropis, Bunga Matahari Meksiko, yang merupakan pohon marigold, dapat tumbuh hingga delapan kaki.

Cara Menanam dan Merawat

Marigold adalah tanaman yang sangat tahan terhadap kondisi pertumbuhan yang berbeda, jadi Anda akan menemukan bahwa mereka tidak membutuhkan banyak perawatan untuk berkembang. Bunga-bunga ini sudah tersedia sebagai tanaman di pusat-pusat taman di seluruh negara, tetapi mereka juga mudah tumbuh dari biji. Jika Anda memutuskan untuk menanam benih, Anda harus meletakkan benih di atas tanah dan menutupnya sekitar 1/8 inci dari tanah. Bibit harus terpisah sekitar delapan hingga 18 inci di kebun Anda, jadi pastikan untuk menanam benih yang sesuai, dan kemudian beri mereka jumlah air yang baik untuk membantu mereka tumbuh. Perawatan lanjutan untuk tanaman membutuhkan:

  • Tanah – Sebagian besar varietas marigold akan tumbuh dengan baik di tanah yang memiliki drainase baik yang Anda gunakan di kebun Anda. Satu-satunya hal yang perlu dipastikan adalah tanahnya tidak terlalu asam, jadi pastikan pH tanah di atas enam, yang akan membuat tanah menjadi netral atau basa.
  • Matahari – Tumbuhan ini menyukai panas, jadi penting bagi Anda untuk menanamnya di lokasi yang terkena sinar matahari penuh. Mereka akan tumbuh di bawah sinar matahari sebagian, tetapi mereka akan menjadi yang paling sehat di bawah sinar matahari penuh.
  • Air – Ini adalah tanaman yang harus disiram secara teratur, tetapi mereka akan mentolerir kekurangan air dari waktu ke waktu, itulah sebabnya mereka adalah pilihan yang tahan lama untuk sebagian besar kebun. Saat Anda menyirami tanaman Anda, pastikan untuk menyiramnya di pangkalan agar mekar tidak menjadi rusak.
  • Pupuk – Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak perlu membuahi marigold. Satu-satunya alasan untuk menggunakan pupuk adalah ketika mereka ditanam di tanah yang sangat buruk yang kekurangan nutrisi.

Tumbuh dalam Wadah

Marigold dapat dengan mudah tumbuh dalam wadah, tetapi penting untuk diingat bahwa beberapa varietas tanaman tumbuh cukup tinggi, yang akan membuat tumbuh dalam wadah lebih sulit. Mereka akan membutuhkan banyak sinar matahari dan air, tetapi salah satu hal utama yang perlu diingat ketika menanam marigold dalam wadah adalah mereka membutuhkan udara untuk tumbuh, sehingga mereka tidak dapat ditanam berdekatan. Bahkan, Anda harus membatasi pot enam inci menjadi satu tanaman. Selain itu, tanaman harus memiliki sinar matahari setidaknya enam jam sehari.

Pemangkasan

Ketika Anda menemukan bahwa ada banyak bunga mati atau habis pada tanaman, Anda harus memangkas tanaman untuk mendorong pertumbuhan. Dengan marigold, ini tidak berarti memotong tanaman dengan cara apa pun, kemungkinan besar Anda hanya perlu menjepit mekar mati dari batang. Semakin banyak Anda menghilangkan mekar mati ini, semakin banyak mekar baru akan mulai tumbuh di tanaman. Setelah Anda menghapus mekar, gantung terbalik sehingga kering. Di sinilah benih dipegang, dan setelah kering, benih dapat diambil.

Musim dingin

Marigold tidak benar-benar bisa tumbuh di luar ruangan sepanjang tahun, tetapi Anda bisa menahan musim dingin selama bulan dingin. Jika tanaman berada di luar selama musim salju pertama tahun ini, sangat mungkin tanaman itu akan mati. Ketika Anda mengambil tanaman di dalam, itu akan pergi ke keadaan tidak aktif, yang berarti bahwa itu tidak akan tumbuh aktif di rumah Anda.

Selama waktu ini, Anda masih perlu memberi banyak cahaya pada tanaman. Ruangan tempat mereka diposisikan harus relatif sejuk agar tanaman tetap tidak aktif. Faktanya, suhu harus antara 50 dan 60 derajat selama periode waktu ini. Selain itu, penyiraman tanaman harus dilakukan, tetapi hanya ketika tanah benar-benar kering. Setelah musim semi tiba, tanaman dapat disiram lebih banyak dan dipindahkan ke lokasi yang lebih hangat yang memiliki banyak sinar matahari. Pada titik ini, Anda juga bisa menanam marigold di kebun Anda sehingga mereka akan terus tumbuh sepanjang musim semi, musim panas, dan musim gugur.

Perambatan

Untuk marigold, perbanyakan dilakukan menggunakan biji tanaman yang sudah Anda tanam di kebun Anda. Ketika Anda mematikan mekar bekas dari tanaman, Anda harus mengeringkannya sepenuhnya sehingga Anda dapat mengambil benih yang terletak di dalam mekar. Benih kemudian perlu ditanam sekitar sebulan sebelum es terakhir tahun ini diharapkan. Agar benih berkecambah, Anda ingin suhu antara 70 dan 75 derajat Fahrenheit. Dengan tanah yang hangat dan lembab, Anda bisa melihat bibit dalam waktu sekitar dua minggu. Tanaman ini dapat dipindahkan ke luar ruangan ketika mereka tumbuh hingga ketinggian sekitar tiga inci. Jika cuaca beku dalam perkiraan, tunggu untuk transplantasi selama seminggu atau lebih.

Marigold juga bisa tumbuh dari stek. Potongan yang Anda ambil dari tanaman yang sudah Anda tanam harus sekitar empat inci panjangnya dan diambil dari pertumbuhan kayu lunak yang belum berbunga. Setelah Anda melakukan pemotongan, lepaskan daun bagian bawah. Tanam potongannya, tetapi jangan sampai lebih dari dua inci ke tanah. Siram potongan dan tempatkan dalam kantong plastik untuk menciptakan lingkungan yang lembab. Sirami tanaman setiap beberapa hari, dan akarnya akan mulai terbentuk dalam beberapa minggu. Kemudian, tanaman tersebut dapat ditransplantasikan ke kebun Anda.

Masalah umum

Selama musim panas yang lembab dan lembab, marigold bisa mendapatkan zat tepung pada daunnya. Ini karena tanaman tidak mendapatkan aliran udara yang cukup, jadi untuk mencegah masalah, Anda cukup membuat lebih banyak ruang di antara tanaman. Jika mereka tidak berada di daerah dengan sinar matahari penuh, lebih banyak kehangatan dapat membantu mengeringkan daun juga.
Karena bau menyengat yang dikeluarkan oleh tanaman ini, banyak serangga tidak mengganggu tanaman, tetapi ulat dapat mengunyah daun, yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Marigold kering juga dapat menarik tungau laba-laba, tetapi serangan biasanya dapat dihindari dengan menjaga tanaman Anda disiram dengan benar. Berhati-hatilah untuk tidak menyirami tanaman karena busuk akar dapat terbentuk, dan pastikan untuk menyirami tanaman di pangkal sehingga busuk mahkota tidak terbentuk pada mekar.

Varietas tanaman

Ada lebih dari 50 spesies marigold yang dapat Anda pilih untuk ditanam di kebun Anda, tetapi beberapa varietas yang paling umum termasuk:

  • Marigold Afrika – Marigold jenis ini memiliki bunga pompom yang berdiameter sekitar lima inci.
    Variasi ini dapat tumbuh setinggi dua kaki.
  • Marigold Perancis – Ini adalah salah satu jenis marigold yang paling umum. Tingginya sekitar lima hingga 18 inci, dan mereka sering memiliki kepala bunga ganda berwarna kuning dan oranye.
  • Stempel Marigold – Ini adalah marigold yang memiliki mekar tunggal yang menyerupai bunga aster. Mekar ini sering berwarna oranye atau kuning atau kombinasi dari dua warna.