Inilah 10 Tanaman Harum Yang Dapat Mengusir Nyamuk Di Rumah Kamu

Tanaman Harum Pengusir Nyamuk
Tanaman Harum Pengusir Nyamuk

Apakah Anda tinggal di daerah yang dipenuhi nyamuk? Jika demikian, berikut adalah 10 tanaman wangi yang dapat membantu Anda mengusir mereka musim panas ini.

Bayangkan Anda sedang melakukan masak di rumah. Semuanya sempurna; baru-baru ini hujan tetapi cuaca tetap bagus untuk pertemuan Anda. Saat Anda duduk untuk makan, Anda merasakan sesuatu merangkak di kaki Anda, dan Anda menamparnya.

Setelah malam berakhir, Anda melihat bahwa Anda memiliki lima gigitan besar di satu kaki dan tiga di kaki lainnya. Anda makan malam untuk nyamuk lokal dan begitu juga anggota keluarga Anda yang lain. Gigitan nyamuk sangat gatal, tetapi yang lebih buruk adalah kenyataan bahwa serangga kecil ini membawa penyakit seperti Malaria, West Nile, dan Virus Zika.

Anda dan keluarga Anda bisa sakit parah karena gigitan nyamuk, jadi cara terbaik untuk melindungi diri Anda adalah dengan mengusir nyamuk sebanyak mungkin. Tentu saja, semprotan nyamuk dan lilin sereh dirancang untuk mengusir hama ini, tetapi Anda tidak selalu ingin menggunakannya saat berada di rumah.

Nyamuk tertarik pada aroma tubuh Anda, tetapi apakah Anda tahu bahwa aroma tertentu secara alami mengusirnya? Dalam panduan ini, kita akan berbicara tentang 10 tanaman berbeda yang dapat Anda miliki di sekitar rumah Anda yang menghasilkan aroma yang mengusir nyamuk. Beberapa dari mereka mungkin sudah Anda ketahui, tetapi yang lain dalam daftar ini mungkin mengejutkan Anda.

1. Rumput Sereh

Rumput Citronella sebenarnya adalah bahan yang memberikan aroma berbeda pada lilin sereh. Jika Anda menyukai hasil yang diberikan lilin, maka Anda akan senang mengetahui bahwa tanaman itu sebenarnya jauh lebih kuat, artinya mereka jauh lebih efektif dalam mengusir nyamuk.

Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga ketinggian lima hingga ukuran kaki. Tidak perlu banyak upaya untuk merawatnya, tetapi harus ditanam di iklim hangat karena embun beku akan membunuhnya.

2. Catnip

Seperti yang mungkin Anda ketahui, catnip menarik perhatian kucing, tetapi bahan kimia yang sama pada tanaman mint yang menarik perhatian kucing juga mengusir nyamuk. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan catnip untuk menurunkan populasi nyamuk di sekitar rumah Anda, pastikan catnip ditanam di lokasi di mana tanaman lain di kebun Anda tidak akan rusak karena kucing mencoba untuk menggulung catnip. Selain itu, tanaman ini mudah tumbuh, jadi Anda tidak perlu memberikan perawatan khusus apa pun.

3. Lavender

Lavender adalah tanaman yang sangat tahan lama dan tidak membutuhkan banyak cinta untuk berkembang. Bahkan, hanya membutuhkan sinar matahari penuh dan tanah yang dikeringkan dengan baik untuk menghasilkan aroma yang luar biasa yang kita semua sukai. Tahukah Anda bahwa aroma santai yang kita cintai adalah aroma yang sama dengan mengusir nyamuk? Bahkan, minyak bahkan dikatakan mengurangi kemampuan nyamuk untuk mencium, yang akan membuat mereka jauh dari kulit Anda. Selain itu, jika aromanya mencukupi, gosokkan daunnya pada kulit Anda.

4. Marigold

Marigold adalah bunga tahunan oranye yang indah yang merupakan tanaman musim panas yang sangat populer karena mereka tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dan kondisi lembab. Bahkan, Anda bahkan dapat menyirami tanaman ini selama waktu terpanas hari tanpa merusaknya.

Tumbuhan kecil ini mengandung Pyrethrum, yang merupakan bahan yang digunakan untuk mencegah nyamuk. Ini tidak sekuat beberapa opsi lain, tetapi jika Anda menempatkan tanaman di dekat jendela, mereka akan terbang ke arah lain.

5. Lemon Balm

Jika lemon dan mint adalah aroma yang mencegah nyamuk, maka tidak mengherankan bahwa lemon balm akan menjadi tanaman yang baik untuk dimiliki ketika Anda ingin mengusir hama kecil. Hancurkan beberapa daun dan gosokkan pada kulit Anda jika Anda membutuhkan penolak yang lebih kuat.

Tanaman ini adalah tanaman cepat tumbuh yang tidak membutuhkan banyak perawatan. Ini akan menarik lebah dan kupu-kupu ke kebun Anda juga.

6. Geranium

Geranium memiliki aroma lemon yang sangat mirip dengan aroma alami rumput serai. Menempatkan tanaman indah di dekat pintu masuk ke rumah Anda akan menjauhkan nyamuk dan mencerahkan area.

Mereka tidak membutuhkan banyak perawatan, tetapi mereka lebih suka iklim hangat. Menempatkan mereka di daerah yang cerah dan hangat akan menghasilkan banyak mekar berbau manis. Agar bunga tetap segar, Anda harus memangkasnya sesekali juga.

7. Pennyroyal

Pennyroyal adalah tanaman yang tidak hanya mengusir nyamuk dan mencegah mereka memasuki rumah Anda, ia memiliki aroma yang dapat membunuh serangga yang ada di ruangan saat ini. Jika Anda akan keluar, letakkan beberapa batang hancur di saku Anda.

Tanaman invasif ini adalah tanaman yang tidak membutuhkan banyak, tetapi harus ditanam dalam wadah jika Anda tidak ingin mengambil alih kebun Anda. Selain itu, jika Anda sedang hamil, sebaiknya Anda tidak menangani pennyroyal karena dapat menyebabkan kehamilan Anda batal.

8. Rosemary

Rosemary adalah ramuan lezat untuk digunakan pada makanan Anda, tetapi juga memiliki aroma yang kuat yang dapat mencegah nyamuk. Jika Anda berkemah, rosemary adalah salah satu cara paling efektif untuk menyingkirkan hama-hama kecil itu.

Yang perlu Anda lakukan adalah melemparkan beberapa tangkai rosemary ke dalam api dan membiarkannya terbakar. Asapnya akan berbau harum, dan aromanya akan mencegah nyamuk dan serangga menjengkelkan lainnya yang mungkin ada di dekatnya.

9. Peppermint

Aroma dan minyak yang ada di daun tanaman peppermint sangat bagus untuk mencegah nyamuk mendarat di kulit Anda. Anda bisa saja berada di sekitar tanaman, atau Anda bisa menghancurkan daun dan mengoleskan minyak pada kulit Anda. Minyak peppermint sangat kuat sehingga mampu membunuh larva yang telah terpapar dalam waktu 24 jam.

10. Basil

Kemangi adalah ramuan lain yang rasanya enak dalam makanan, tetapi aroma kuat, kuat dari ramuan ini terlihat tanpa menghancurkan daun. Ini berarti bahwa aromanya cukup kuat untuk mengusir nyamuk ketika hanya ditempatkan di suatu daerah. Semua variasi kemangi akan berhasil, tetapi lemon kemangi adalah yang paling efektif dalam mengusir nyamuk. Kemangi kayu manis juga merupakan pilihan yang bekerja dengan baik karena aromanya yang kuat.