Panduan Tumbuh Tanaman Hoya: Kiat Perawatan dan Pemeliharaan

Cara Menanam Bunga Hoya
Cara Menanam Bunga Hoya

Pikirkan kembali ketika Anda masih kecil. Apakah Anda ingat tanaman seperti lilin lilin yang dibungkus di sekitar ruangan di rumah nenek Anda? Dia mungkin menyebut tanaman itu sebagai tanaman lilin; Saya tahu nenek saya melakukannya. Tanaman tropis yang menakjubkan ini sebenarnya disebut Hoya. Memiliki daun lilin tebal dan kelompok kecil bunga berbentuk bintang yang berwarna cerah dengan aroma halus yang membuat ruangan kecil luar biasa.

Mekar tanaman ini geometris sempurna, yang merupakan salah satu alasan bahwa tanaman terlihat buatan pada pandangan pertama. Saya tidak pernah tahu banyak tentang Hoyas; pada kenyataannya, saya baru saja mengetahui nama asli mereka. Mereka adalah keindahan menakjubkan yang ada di banyak rumah. Mereka mudah dirawat dan menambahkan sentuhan eksotis ke taman rumah mana pun. Inilah beberapa yang telah saya pelajari tentang tanaman yang luar biasa ini.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hoya

Ada lebih dari 200 spesies Hoyas, masing-masing memiliki warna dan bentuk yang unik. Keindahan ini terlihat tidak hanya di mekar, tetapi di dedaunan juga. Hoyas adalah tanaman rumah populer yang sering mekar di tahun pertama, tetapi jika mereka adalah tanaman dalam ruangan, ada kemungkinan prosesnya bisa lebih lama. Mari kita jelajahi beberapa kebutuhan spesifik tanaman Hoya; mulai dari akar tanaman dan jenis tanah yang dibutuhkan untuk membantu mereka tumbuh.

  • Persyaratan Tanah – Pabrik Hoya membutuhkan tanah yang kaya, aerasi, dan drainase dengan baik. Secara pribadi, saya membuat campuran tanah organik yang benar-benar membantu Hoyas saya tumbuh dan makmur. Itu terbuat dari tanah pot organik, kompos, selubung cacing, dan kulit pohon cemara. Jika Anda menanam Hoyas di pot, mereka suka berada di tempat yang dekat, jadi memindahkan Hoya ke perkebunan yang lebih besar mungkin lebih berbahaya daripada kebaikan.
  • Pupuk – Seperti kebanyakan tanaman yang kita miliki di rumah kita, Hoya suka diberi pupuk. Gunakan pupuk cair untuk memberi makan Hoyas Anda sebulan sekali selama musim tanam. Setelah cuaca dingin datang, pastikan untuk mengurangi pupuk. Bahkan, tanaman ini tidak boleh diberi makan selama bulan-bulan musim dingin karena mereka memasuki keadaan semi-dorman.
  • Air – Selama musim semi dan musim panas, tanaman ini sangat membutuhkan air, dan mereka membutuhkannya agar terhidrasi. Sirami tanaman dengan seksama, dan selama pot yang ditanam adalah wadah yang mengalir dengan baik, maka Anda tidak perlu menyiramnya lagi selama sekitar dua minggu. Uji bagian atas tanah, jika kering, Hoyas perlu disiram lagi. Jika tanahnya masih lembab, maka Anda bisa menunggu sedikit lebih lama untuk memberi tanaman lebih banyak air. Selama bulan-bulan musim dingin Anda dapat mengurangi penyiraman tanaman. Karena berada dalam keadaan semi-dorman, Hoyas kemungkinan besar dapat disiram sebulan sekali.
  • Persyaratan Cahaya – Sinar matahari penting untuk pabrik Hoya, tetapi sinar matahari tidak langsung adalah yang terbaik. Memiliki tanaman yang tergantung langsung di jendela Anda akan menyebabkan daun terbakar dari panas langsung matahari. Jendela menghadap ke utara menyediakan cahaya yang sempurna untuk pabrik Hoya, tetapi jika Anda tidak memiliki opsi pencahayaan yang tersedia, pencahayaan fluoresens juga akan berfungsi. Mereka lebih suka matahari pagi, tetapi jika cahaya tidak cukup, tanaman mungkin tidak mekar.
  • Suhu – Bunga-bunga indah ini adalah tanaman tropis, jadi Anda tidak ingin menyimpannya dalam suhu yang sangat dingin. Usahakan untuk mempertahankan ruangan tempat tanaman Anda berada pada suhu setidaknya 50 derajat Fahrenheit.
  • Pemangkasan – Tanaman panjang yang rimbun ini tidak perlu dipangkas, kecuali tentu saja mereka menjadi susah diatur. Saya menemukan bahwa satu-satunya pemangkasan yang diperlukan pada tanaman Hoya adalah memotong pertumbuhan yang mati dan mengendalikan ukuran tanaman. Jika tanaman menjadi terlalu panjang, potong kembali dan perbanyak potongan untuk diberikan kepada teman.

Pelatihan Tanaman Hoya

Hoyas adalah tanaman merambat yang dapat dilatih untuk tumbuh di sepanjang jalan yang Anda pilih. Mereka dapat memanjat pohon, menggantung pekebun, dan dinding rumah Anda. Saya telah melihat Hoyas tumbuh dengan panjang sekitar 12 kaki, tetapi jika dilatih dan dirawat dengan benar, mereka dapat tumbuh lebih dari 20 kaki panjangnya. Yang terbaik adalah melatih tanaman saat masih muda, tetapi melatih Hoya yang matang masih memungkinkan, hanya perlu waktu lebih lama untuk mencapai hasil yang diinginkan. Pot gantung sangat cocok untuk menggantung Hoyas, tetapi jika Anda ingin tanaman tumbuh ke atas, letakkan beberapa bambu di tanah di sebelahnya dan ikat tanaman ke bambu dengan benang.

Perambatan

Cara terbaik untuk menyebarkan tanaman Hoya adalah dengan membuat potongan yang panjangnya paling tidak sepuluh sentimeter. Pemotongan harus memiliki dua hingga enam daun, dan harus dihilangkan dari tanaman yang matang selama awal musim semi tahun itu. Ini memungkinkan tanaman baru berakar selama musim tanam, yang akan membantunya bertahan hidup. Anda dapat menempatkan potongan di dalam air dan menunggu sampai akarnya terbentuk atau Anda dapat memindahkannya langsung ke tanah.

Pastikan untuk menjaga tanah tetap lembab sampai pertumbuhan baru terlihat, yang berarti bahwa stek telah berakar. Transplantasi tanaman baru menjadi pot kecil; itu akan dapat tinggal di sini selama dua hingga tiga tahun sebelum transplantasi diperlukan.

Masalah Umum yang Dialami dengan Tanaman Hoya

Kutu daun, kutu putih, kutu laba-laba, dan semut semua dapat tertarik ke tanaman Hoya karena nektar yang berbau manis. Serangga ini dapat disemprotkan dari tanaman dengan aliran lembut dari selang, atau jika Anda suka, sabun atau semprotan insektisida dapat merawat mereka juga.

Hama terburuk yang akan mengganggu tanaman Hoya Anda adalah nematoda simpul-akar. Hama-hama kecil ini mencari tanaman di daerah yang memiliki suhu hangat sepanjang tahun. Lokasi di mana tidak ada rasa takut akan salju terjadi tiba-tiba dalam semalam. Jika Hoyas Anda terinfeksi, mereka akan mulai menurun kesehatannya. Dalam banyak kasus, nematoda ini bisa menjadi kematian tanaman, tetapi Anda dapat menyimpannya dengan mengambil potongan dari bagian atas semut tanaman yang mencoba memperbanyaknya.

Tanaman hoya adalah salah satu tanaman hias yang paling mudah dirawat. Dengan pelatihan dan perawatan yang tepat, Anda dapat membuat anggur Hoya yang cantik melilit dapur Anda dalam waktu singkat. Mereka adalah tanaman eksotis, tetapi dengan perawatan dan pengetahuan, Anda dapat memiliki tanaman tropis di rumah Anda.