Panduan untuk Memulai Kebun Mawar: Cara Merawat Semak Mawar

Perawatan Mawar Semak
Perawatan Mawar Semak

Termasuk semak mawar ke dalam lansekap atau taman Anda dapat menciptakan pusat visual yang indah. Semak-semak mawar menawarkan dedaunan yang menarik dan bunga-bunga spektakuler. Dengan demikian, mereka adalah beberapa tanaman berbunga paling populer yang dibudidayakan oleh tukang kebun. Namun, merawat semak mawar bisa sulit, terutama jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya. Agar semak mawar tetap sehat dan spektakuler, Anda harus memberinya drainase yang tepat, jumlah sinar matahari yang tepat, jumlah air yang tepat, pupuk yang baik, dan pemangkasan musim panas yang menyeluruh.

Drainase Sekitar The Rose Bush

Tanah di sekitar semak mawar harus mengalir dengan mudah. Mawar tidak bereaksi dengan baik ketika kondisinya terlalu basah, terutama untuk jangka waktu yang lama. Dengan demikian, tanah tempat Anda menanam semak mawar harus menjadi sesuatu yang mudah mengalir. Jika tanah di daerah Anda berat di tanah liat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan mengganti tanah itu dengan campuran tanah yang lebih ringan dan lebih ramah drainase. Jika tidak, cukup mengolah tanah dengan baik sebelum penanaman akan memungkinkan drainase yang baik. Jika memungkinkan, tanam semak mawar di tempat yang airnya cenderung mengalir. Menanam mawar di bagian bawah lereng juga tidak disarankan karena alasan ini.

Kondisi Sinar Matahari

Mawar membutuhkan banyak sinar matahari untuk berkembang. Idealnya, tempat itu akan menerima sinar matahari 6 jam atau lebih setiap hari. Beberapa varietas mawar akan bekerja dengan baik dalam kondisi yang agak teduh, tetapi sebagian besar akan melakukan yang terbaik di bawah sinar matahari penuh. Untuk mempertahankan ini, mungkin perlu mengambil tempat jauh dari pohon besar.

Pengairan

Seperti halnya tanaman, penyiraman yang benar sangat penting untuk kesehatan semak mawar. Aturan umum yang baik adalah memastikan bahwa semak mawar menerima 1 inci atau lebih air per minggu selama musim tanam aktif mereka. Selama sebagian besar musim tanam, hujan musiman kemungkinan akan menyediakan banyak air yang dibutuhkan. Namun, selama minggu-minggu yang lebih kering, semak-semak mawar masih perlu disiram dengan rajin. Biasanya yang terbaik adalah menyiram langsung ke tanah, karena mawar sangat rentan terhadap penyakit jamur. Untuk alasan ini, mempertahankan penyiraman yang tepat bisa menjadi tindakan penyeimbangan yang rumit dengan memastikan bahwa air mengalir dengan cepat dan tidak duduk di akar mawar.

Memupuk Semak Mawar

Mawar tidak sesederhana beberapa tanaman lain dalam hal pemupukan. Secara umum, mawar cocok dengan pupuk organik, yang memberi makan tanaman dan membantu memperbaiki tanah di sekitarnya. Namun, pupuk organik hanya akan memberi makan tanaman. Beberapa pupuk kimia, di sisi lain, termasuk senyawa yang juga akan melindungi tanaman dari penyakit jamur dan serangga. Senyawa kimia ini tidak banyak membantu tanah di sekitar mawar, jadi biasanya ide yang baik untuk menambahkan bahan organik ke tanah secara berkala saat menggunakannya. Pupuk dengan peringkat NPK yang seimbang umumnya akan menjadi yang terbaik untuk mawar.

Mawar juga cenderung melakukan yang terbaik ketika salah satu pupuk kimia tidak digunakan terlalu lama, karena potensi penumpukan senyawa kimia di dalam tanah. Karena itu, bisa jadi ide yang baik untuk memutar pupuk untuk mencegah penumpukan tersebut. Ini tidak perlu bila hanya menggunakan pupuk organik.

Pemangkasan Musim Panas

Pemangkasan musim panas, juga dikenal sebagai deadheading, adalah teknik sederhana yang dapat digunakan untuk meningkatkan mekar semak mawar di musim panas. Meskipun ini tidak memiliki efek langsung pada kesehatan keseluruhan semak mawar, masih berguna untuk mengetahui perawatan mawar secara umum. Deadheading adalah tindakan memotong mati atau sekarat mekar di semak-semak. Mekar segar dan sehat tentu saja harus dibiarkan sendiri. Deadheading akan memaksa tanaman untuk terus berbunga, sehingga meningkatkan daya tarik visual dan memperpanjang bagian dari musim tanam di mana bunga dapat dilihat. Deadheading umumnya digunakan pada semak mawar yang matang dan mulai tumbuh, dan tidak akan memiliki efek buruk pada kesehatan tanaman.

Kesimpulan

Seperti yang dikatakan orang yang berpengalaman merawat semak mawar, menjaga agar mawar tetap sehat tidak semudah kelihatannya. Kebutuhan mereka sangat spesifik, dan kondisinya harus dikontrol dengan ketat agar dapat memenuhi kebutuhan mereka. Cahaya dan penyiraman yang tepat, drainase yang baik, dan pupuk yang baik akan membuat mawar Anda menjadi awal yang baik. Seperti semua tanaman, tahun pertama umumnya paling sulit untuk mawar. Setelah terbentuk, mereka menjadi agak lebih kuat, meskipun mereka akan tetap rentan terhadap penyakit jamur yang disebabkan oleh air duduk. Namun, tidak ada yang lebih indah atau memuaskan bagi tukang kebun selain semak mawar sehat yang sedang mekar, jadi Anda mungkin yakin bahwa hasilnya akan sepadan dengan usaha Anda.